6 Wisata Terbaik di Desa Wisata Bejiharjo

Gunungkidul nampaknya sangat serius dalam menggarap potensi pariwisatanya. Sadar akan stigma yang sudah melekat di masyarakat umum sebagai kabupaten yang tandusdan kurang cocok untuk pemanfaatan lahan pertanian, maka pemkabnya memanfaatkan kondisi topografi dan sosial budaya masyaraktnya untuk dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia.  hal itu terbukti dengan banyaknya lokasi wisata yang kini sangat marak mulai dari pantai perbukitan.  Tak hanya itu, desa- desa yang memiliki potensi keunikan dan kekhasan pun diberdayakan menjadi desa wisata.

 

Mengenal Desa Wisata Bejiharjo

 

Gunungkidul berhasil membentuk banyak desa berpontensi yang dikelola oleh masyarakat setempat dan diresmikan menjadi desa budaya sebagai tujuan desa wisata Jogja. Pada tahun 2012 Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengadakan lomba desa wisata, dan Kabupaten Gunungkidul berhasil meraih peringkat pertama dengan membawa perwakilan Desa Wisata Bejiharjo.

 

Desa Wisata Bejiharjo Gunungkidulmempunyai wilayah seluas 2200ha yang terdiri dari 20 dusun. Dengan luas wilayah tersebut Desa Bejiharjo memiliki potensi alam dan budaya yang sangat kaya. Seperempat wiliyahnya merupakan kawasan hutan negara. Sisanya dimanfaatkan untuk lahan pertanian dan perikanan warga setempat. Diantara wilayah tersebut terdapat banyak keunikan alam yang patut dijadikan sebagai objek wisata seperti goa, sungai, dan hutan lindung.

 

Untuk dapat menjadi sebuah desa wisata unggulan tentunya tak hanya segi keindahan alam saja yang diperkenalkan kepada wisatawan. Keanekaragaman budaya tradisional yang masih terjaga kelestariannya merupakan suatu bentuk kekayaan yang dapat diandalkan untuk menarik minat para pengunjung.

 

Lokasi Desa Wisata Bejiharjo

 

Desa Wisata Bejiharjo terletak di Kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunungkidul. Dari pusat kota Yogyakarta dapat ditempuh melalui jalan utama menuju Wonosari kemudian menuju ke Kecamatan Karangmojo.  Lokasi desa ini berjarak kurang lebih sekitar 36,5km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dari pusat kota Jogja.

 

Pengunjung dapat menjangkau wilayah desa ini menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi dengan kondisi jalanan yang sudah sangat bagus.

 

Kelebihan Desa Wisata Bejiharjo

 

Desa Wisata Bejiharjo memiliki banyak spot wisata dan kegiatan yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Pengelola sudah mengemasnya menjadi paket- paket wisata yang sangat recommended untuk dicoba.  Paket wisatanya mencakup paket wisata edukasi, wisata budaya, dan wisata alam.

 

Paket wisata edukasi yang ditawarkan oleh desa ini adalah budidaya ikan lele, penyulingan minyak kayu putih, proses pembuatan blangkon, dan napak tilas rute Jendral Soedirman.  Para pengunjung dapat melihat dan mempelajari secara langsung proses kegiatan yang disebutkan diatas.  Tentunya boleh sekaligus membeli hasil karya yang sudah jadi.

 

Wisata Budaya yang ada di desa Bejiharjo adalah mengunjungi situs Megalitik peninggalan jaman pra sejarah, menyaksikan pertunjukan Wayang Beber, Reog, dan Doger serta melihat kesenian Legenda Gedong Gelaran. Penduduk masih melestarikan kesenian Jawa klasik ini hingga sekarang.

 

Yang terakhir paling seru adalah menjelajah alam dengan paket wisata Sungai Oyo River Tubing dan Offroad, Paket Wisata Susur Goa Gelatik, dan Paket Wisata Tubing Goa Pindul. Sungai Oyo dan Goa Pindul boleh dibilang merupakan ikon wisata dari desa ini. Banyaknya wisatawan yang datang ke Goa Pindul sampai membuat pengelola membatasi jumlah pengunjung yang datang untuk tetap menjaga kenyamanan dan kelestarian goa tersebut.

 

Jangan lupa untuk menjajal makanan khas Gunungkidul setelah beraktifitas. Banyak jenis makanan khas desa yang ditawarkan seperti teh rosella, sayur lombok ijo, nila bakar, dll.  Menikmati makanan khas di desa dengan suasana segar dan hening khas pedesaan dapat dijadikan sebagai ajang relaksasi dari kepenatan kota.

 

Fasilitas Desa Wisata Bejiharjo

 

Sebagai desa sadar wisata, tentunya Bejiharjo sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Pengelola sudah memperhitungkan untuk menjamin kenyamanan wisatawan selama berada di desa wisata.  Kelengkapan seperti area parkir, toilet, rest area, mushola,  warung makan, dll sudah tersedia.  Banyaknya paket wisata yang ditawarkan rata- rata sudah termasuk sewa peratalan dan jasa pemandu.

 

Bila suka dengan suasana khas yang ditawarkan di desa wisata, jangan ragu untuk bereksplorasi desa wisata yang lain seperti di Desa Wisata Nglanggeran, Desa Wisata Jelok, dan Desa Wisata Blaberan.