Ada Apa Aja Sih di Curug Pulosari?

Sudah bosan main air di Pantai Samas? Saatnya untuk mengeksplorasi keindahan alam lain dengan hawa yang menyejukkan. Masih tak jauh- jauh dari main air, namun kali ini main air di ketinggian yaitu air terjun atau curug. Jangan salah, Bantul juga memiliki banyak air terjun yang layak untuk dinikmati seperti Air Terjun Banyu Nibo Sanggrahan II, Pemandian Air Panas Parang Wedang, dan Curug Pulosari.

 

Lokasi Curug Pulosari

 

Curug Pulosari berada di Desa Krebet Sendangsari Bantul dekat dengan wilayah Desa Wisata Krebet. Dari pusat Jogja rute Curug Pulosari dapat ditempuh melalui Jalan Bantul ke arah Kasongan menuju Desa Wisata Krebet. Dari desa tersebut aka nada petunjuk jalan menuju curug. Jalur ini sangat mudah ditemukan, bila menemukan kesulitan pengunjung dapat menggunakan bantuan Google Maps atau bertanya kepada warga setempat. Total perjalanan dari Jogja sekitar 45 menit.

 

Aktivitas Menarik di Curug

 

Sebuat tempat wisata akan lebih menarik bila pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan alam saja namun juga dapat berkegiatan yang seru dengan suasana baru. Demikian pula di tempat ini yang sejarah curug Pulosari awalnya adalah nama Jurang Pulosari kemudian dikembangkan potensinya menjadi lokasi pariwisata. Beberapa agenda seru yang dapat dilakukan antara lain:

 

  1. Climbing dan Repling

Aktivitas panjat tebing maupun turun tebing sangat cocok dilakukan di area perbukitan. Air terjun tentu memiliki kontur tebing yang tinggi dimana air bermuasal. Curug ini memiliki ketinggian 5-7 meter, sangat pas untuk menguji adrenalin maupun menyalurkan hobi berpetualang memanjat tebing.

 

Untuk melakukan aktivitas ini sebaiknya pengunjung terlebih dahulu meminta ijin dari pengelola untuk menentukan dimana lokasi yang aman yang biasanya digunakan untuk climbing atau repling.

 

  1. Outbond

suasana hijau dan segar khas perbukitan sangat mendukung untuk mengadakan kegiatan outbond bagi keluarga maupun instansi. Area curug yang terbilang landai dan kolam yang tidak dalam untuk bermain air merupakan wahana natural yang aman dan segar. Berbagai aktivitas outbond tentu tidak terasa melelahkan bila dilakukan di sini dengan udara segar sejuk dan tidak panas.

 

Pengunjung dapat bermain air dengan alat yang disediakan oleh pengelola seperti ban untuk berenang. Setelah puas berkegiatan dapat menikmati aneka jajanan yang ada di sekitar air terjun sebagai penghilang dahaga atau lelah. Makan di tengah hutan sembari mendengarkan gemericik air terjun tentu sungguh nikmat.

 

  1. Pre- Wedding

Lokasi ini sering dijadikan sebagai background untuk foto pre-wedding bagi pasangan yang akan menikah dengan konsep back to nature atau alami. Keindahan air terjun yang jatuh dari tebing tinggi membentuk tirai- tirai air begitu mempesona. Warna hijau Turkish serasi dengan panorama sekelilingnya merupakan setting yang tepat untuk melakukan foto pre- wedding dengan nuansa romantic natural.

 

Tak hanya pre- wedding saja, tiap pengunjung yang datang pun tak ketinggalan untuk mengabadikan momen di air tejun yang cantik ini dengan berselfie ria.

 

  1. Menginap di Desa Wisata

Suasana tenang, hening, dan syahdu adalah hal yang sulit didapatkan di tengah perkotaan. Kesempatan mengunjungi tempat yang masih alami seperti ini harus dimaksimalkan dengan setidaknya merasakan bagaimana menjadi penduduk lokal. Dengan menghabiskan malam di home stay yang berada di Desa Wisata Krebet, pengujung setidaknya dapat lebih lama menikmati suasana pedesaan sekaligus dapat melihat kebiasaan sehari- hari penduduk desa.

 

Keesokan paginya pengunjung dapat juga menjelajah keunikan desa wisata tersebut. Desa Wisata biasanya memiliki berbagai agenda yang bagus untuk dinikmati pengunjung, seperti mengikuti kegiatan para penduduk desa, workshop, melihat pertunjukan kesenian, hingga menikmati sajian khas desa tersebut.

 

Kelengkapan Fasilitas

 

Curug Pulosari dikelola oleh masyarkat setempat dengan dilengkapi beberapa fasilitas pendukung untuk pengunjung seperti toilet, tempat bilas, warung, parkir luas, dan penyewaan peralatan main air seperti ban.

 

Biaya wisata di Bantul masih tergolong murah termasuk Tiket masuk Curug Pulosari yang masih sangat terjangkau. Biaya parkir kendaraan pun hanya berkisar Rp. 3.000. Tak heran tempat ini selalu ramai oleh pengunjung terlebih akhir pekan.