Trekking Asik ke Bukit Kosakora

Pemerintah Gunungkidul terus mengembangkan potensi wisata yang terdapat di daerahnya. Pilihan wisata terbanyak adalah pantainya. Namun banyak juga destinasi selain pantai misalnya goa atau perbukitan yang banyak di tawarkan sebagai paket wisata Jogja murah. Bila pantai- pantai sudah dijelajahi tak ada salahnya untuk mencoba mendatangi puncak atau bukit yang sedang tren di kalangan anak muda.Salah satunya adalah Bukit Kosakora. Terlebih bagi para pecinta trekking dan petualangan bukit ini layak untuk dicoba.

 

Mengenal Bukit Kosakora

Bukit Kosakora atau bisa juga disebut Puncak Kosakora adalah salah satu wisata alam yang berupa perbukitan ekokarst yang sudah terbentuk dari ratusan tahun menjadi rangkaian Pegunungan Sewu yang membentang di Gunungkidul. Bukit ini menjadi popular setelah ada pengunjung yang tak sengaja datang ke lokasi tersebut kemudian memberinya nama Kosakora. Untuk mencapainya, pengunjung harus mendaki atau trekking kurang lebih sejauh 2km dengan ketinggian 50mdpl. Melihat jarak dan tingginya tentu ini jenis trekking ringan yang bisa dilakukan dengan santai.

 

Sesampainya di atas, lokasi mudah ditemukan dengan adanya tanda berupa bendera.Tenaga yang telah dikeluarkan untuk trekking terbayar dengan keindahan panorama yang disuguhkan. Dari atas bukit terlihat jajaran Pantai Ngrumput Kosakora, Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup hingga sampai Mercusuar Pantai Baron.

 

Pada papan kayu bertuliskan Puncak Kosakora itulah para muda mudi ataupun pengunjung lain ramai berfoto sebagai tanda sudah menaklukan bukit hits ini. Bila waktu berkunjung kebetulan pada siang hari maka disarankan untuk menunggu hingga sore untuk melihat sunset Kosakora, melihat matahari terbenam diujung batas samudra dari atas bukit pasti sebuah pemandangan yang spektakuler.

 

Lokasi Bukit Kosakora

Bukit Kosakora terletak di desa Banjarejo, Tanjungsari, Ngestireji, Gunungkidul.Bukit ini menjulang diatas pantai Ngrumput dan pantai Drini. Rute Puncak Kosakoradari kota Yogyakartaperjalanan memakan waktu kurang lebih 2 jam menuju titik terdekat kemudian berjalan kaki yang dapat ditempuh melalui Pantai Drini dan sisi utara. Jalur mendaki dari pantai Drini lebih panjang, namun sambil jalan bisa melewati pantai Watu Bolong dan Pantai Ngrumput sekaligus. Untuk jalur bagian utara bisa melalu jalur setapak kawasan pantai.

 

Keungulan Bukit Kosakora

Wisatawan pasti selalu penasaran dengan hal yang baru yang sedang menjadi tren. Bukit ini salah satunya.Dengan mengunjungi satu lokasi, sudah bisa sekaligus melihat banyak spot wisata seperti pantai Ngrumput, Pantai Drini dan Pantai Krakal  dari ketinggian.

 

Kelebihan bukit ini adalah jalur trekking yang tidak tinggi sehingga mudah dilakukan bagi pemula dan semua umur. Jalur menuju puncak bukit menawarkan pemandangan alam yang indah dan masih sangat alami, sehingga perjalanan 2km tidak terasa melelahkan.

 

Sesampainya di atas bukit tak diragukan lagi keindahannya yaitu hamparan pantai yang berjajar dan samudra membentang kemudian menikmati pemandangan hingga matahari terbenam. Bagi jiwa petualang, area puncak yang datar dan lebar bisa digunakan mendirikan tenda untuk bermalam atau camping Bukit Kosakora meskipun kapasitas nya terbatas.

 

Fasilitas Bukit Kosakora

Selain keindahan, area Bukit Kosakora sangat dijaga kebersihannya. Lokasi bukit dan pantai bersih sehingga membuat pengunjung nyaman. Lokasi camping ground pun sangat dijaga kebersihannya.

 

Fasilitas yang terdapat di Bukit Kosakora sudah cukup memadai. Di sana sudah tersedia toilet, mushola, dan warung makan. Terlebih lagi ada penduduk setempat yang menyediakan jasa penyewaan tenda untuk camping. Pun lokasinya yang mudah dijangkau bahkan dengan kendaraan umum sudah tersedia yang menjangkau daerah tersebut.

 

Disarankan untuk membawa air minum yang cukup ketika mendaki ke bukit, meskipun medannya tidak berat namun bila tidak biasa mendaki mungkin diperlukan tenaga yang kuat. Sehingga perlunya memabawa air minum untuk menjaga agar tubuh tidak dehidrasi dan kondisi cuaca yang panas bila trekking dilakukan di siang hari.

 

Setelah mengunjungi Bukit Kosakora bisa sekalian mecoba wisata jenis lain seperti Pantai Siung danDesa Wisata Bobungyang masih di kawasan Gunungkidul.