Asiknya Main dan Berenang di Bawah Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo

Kulon Progo seakan tak mau kalah dengan kabupaten lain yang sudah mengembangkan potensi wisata alamnya.  Kian hari makin banyak objek wisata yang dikembangkan dan dibuka untuk menarik para wisatawan. Salah satunya adalah keindahan air terjun yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Air Terjun Kembang Soka.

 

Lokasi dan Rute Air Terjun

 

Lokasi Air Terjun Kembang Soka tepatnya berada di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kab.  Kulon Progo, Jogja.  Tepatnya berada sejauh 32 km dari pusat kota Jogja dan dapat dijangkau selama kurang lebih 1 jam perjalanan.

 

Rute Air Terjun Kembang Soka dari Kota Jogja dapat ditempuh melalui Jalan Godean menuju arah Kulon Progo hingga perempatan Nanggulan menuju Pasar Kenteng. Kemudian menuju Pasar Jonggrangan, di pasar tersebut sudah ada petunjuk menuju ke air terjun. Akses jalanan menuju lokasi sudah baik namun hanya dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi atau sewa. Bila pengunjung mengalami kesulitan menemukan lokasi maka dapat menggunakan bantuan Google Maps.

 

Tentang Kembang Soka

 

Seperti Puncak Suroloyo yang berada di ketinggian, lokasi air terjun ini pun terletak di perbukitan dengan jalanan menuju ke lokasi yang naik turun.  Namun perjalanan tersebut akan terbayarkan ketika sampai di area air terjun wisata Kulon Progo.  Suasananya masih sangat alami dan asri, di sekitarnya masih hijau penuh dengan pepohonan yang rimbun sehingga berada di lokasi tidak akan terasa panas.

 

Air terjun utama yang mengalir dari atas tebing tersebut berasal dari sumber mata air. Mata air tersebut bernama Kembang Soka. Dinamai Kembang Soka karena di atas tempat munculnya mata air tersebut terdapat banyak tanaman bunga soka.  Debit air yang mengalir ke bawah cukup deras terlebih pada musim penghujan.  Namun bila musim penghujan airnya nampak keruh karena bercampur dengan tanah.

 

Pemandangan terbaik adalah ketika debit airnya deras namun tidak hujan.  Airnya berwarna biru Turkish dan jernih. Warna terang dari dasar kolam hingga nampak dilihat dari permukaan. Pada dinding tebing kanan dan kirinya berwarna kemerahan. Sungguh perpaduan warna yang indah.

 

Keindahan Air Terjun

 

Sampai di lokasi air terjun pengunjung dapat menyaksikan aliran air yang jatuh dari sumber mata air dari atas tebing sebanyak 3 buah yaitu Kembang Soka yang paling besar, kemudian mata air Tuk Jaran dan mata air Kalimiri.  Ketiga sumber air ini mengalir ke bawah dengan ketinggian yang berbeda dengan ketinggian total 40 meter.

 

Pengunjung bisa berenang atau main air di kolam di bawahnya tempat jatuhnya air dari atas bukit. Di area air terjun tersedia dua buah kolam yang berisi aliran air dari air terjun.  Kolam tersebut terbagi berdasarkan kedalaman satu meter untuk anak- anak dan kedalaman 2,5 meter untuk kolam dewasa.  Bagi yang tak bisa berenang tak perlu khawatir karena sudah tersedia penyewaan ban dan pelampung di area air terjun.

 

Selain berenang, pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun dengan duduk- duduk di jembatan bambu yang sudah disediakan menyeberangi aliran sungai di bawahnya. Di sekitar lokasi air terjun sudah banyak tersedia warung yang menyediakan aneka jajanan yang bisa dinikmati sembari melihat keindahan air terjun. Yang tak ketinggalan tentu saja jangan lupa mengabadikan momen ketika berada di air terjun ini dengan berselfie ria.

 

Kelengkapan Fasilitas

 

Fasilitas di objek wisata harus diperhatikan untuk kenyamanan para pengunjung di lokasi tersebut. Seperti Kebun Teh Nglinggo yang sudah memiliki kelengkapan fasilitas, di lokasi air terjun ini pun sudah tersedia berbagai fasilitas seperti toilet, ruang bilas, warung makan, dan parkir.  Namun yang perlu ditingkatkan adalah mengenai kebersihannya.

 

Fasilitas yang lain adalah terdapat penyewaan peralatan untuk bermain di kolam air terjun seperti pelampung dan ban.  Harga penyewaan ban adalah Rp 5. 000,00 dan rompi pelampung Rp.  10. 000,00.  Untuk harga tiket masuk air terjun Kembang Soka hingga tulisan ini dibuat adalah sebesar Rp 6. 000,00/orang. Tunggu apa lagi, bila liburan tiba segera datang ke Air Terjun Kembang Soka.